Senin, 29 Oktober 2007

Kunjungan Board Paguyuban BN ke Luwuk Kab Banggai Sulteng 23-29 Oktober 2007

Setelah dari Sumba Barat dan Sumba Timur, pada tanggal 23-29 Oktober 2007 anggota Board Paguyuban Bakti Nusa Ibu Nyoman Yulia Budiasih beserta dengan Bpk M Suwita telah mengunjungi LSM Yayasan Bina Kasih (YBK) di Luwuk, Kab Banggai Sulawesi Tengah.

Tujuan kunjungan adalah melakukan audit, monitoring dan evaluasi (MonEv) terhadap program-program yang telah dikerjakan oleh YBK Luwuk terutama dalam kaitan program pemberdayaan kelompok-kelompok masyarakat marjinal bekerjasama dengan Canada Fund (CF). Metoda pemberdayaan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kelompok swadaya (self-help group) dan "revolving-fund" di bidang pertanian dan usaha-usaha mikro, antara lain di wilayah Bunta, Bungin, dll.

Bersyukur untuk "Diamond software" untuk kemudahan administrasi dan pelaporan keuangan LSM telah berhasil diaplikasikan dan dioperasikan dengan baik oleh staff LSM YBK Luwuk. Demikian juga dengan advis Bpk Hans Midas Simanjuntak pada Oktober 2005 lalu kepada Kelompok Tani di wilayah Toili Luwuk akan pentingnya pemakaian unit traktor-mini bagi intensifikasi pertanian di wilayah tsb, telah dilaksanakan dengan baik dan berhasil-guna.

Di Bungin Luwuk selain temu kerja dengan Direktur YBK Bpk. Toni Makolit dan staff serta Ketua Pengurus YBK Bpk Monduale Puahadi, Ibu Yulia dan Bpk M Suwita telah berjumpa juga dengan pejabat GKLB Luwuk dan segenap Pengurus YBK lainnya.

Saat transit di Mandai Makassar Sulsel menuju Luwuk dan pulang dari Luwuk, Ibu Yulia dan Bpk M Suwita juga sempat bertemu dengan perwakilan Paguyuban Bakti Nusa di Makassar, Bpk. Kurnaini Alwi. Selanjutnya juga bertemu Direktur, staff dan Pengurus LSM Yayasan Matepe Mandai Makassar, di lokasi Training Center (TC) GKSS Mandai. Pertemuan membahas kemungkinan diretas dan ditindak-lanjutinya program-program baru untuk pemberdayaan kelompok masyarakat miskin di wilayah Sulsel selain yang kini sudah dikerjakan. Juga memperkenalkan pentingnya penggunaan Diamond Software bagi peningkatan mutu kinerja keuangan dan laporan keuangan LSM Yayasan Matepe.

Tidak ada komentar: